PAI Learning Design Use of Checklist Media for Efficient Assessment of Ablution Practices and Care of Corpses

Authors

  • yanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan S Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tarsono UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

checklist, assessment, ablution, corpse care

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran fiqh khususnya praktik wudhu dan perawatan jenazah di madrasah ini telah menggabungkan berbagai metode. Kemudian, dalam proses penilaian, guru telah menyediakan checklist yang berisi langkah-langkah kedua praktik keagamaan tersebut dimana isi dan urutannya diambil dari materi sesuai tuntunan Nabi dalam Al-Qur'an dan hadits, sehingga efektif dan efisien dalam menilai setiap siswa apakah dapat dan memahami bagaimana mengamalkan secara langsung tata cara melakukan wudhu dan merawat jenazah dengan baik dan benar sesuai instruksi atau tidak.

Kata kunci: daftar periksa, penilaian, wudhu, perawatan mayat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N., & Zainudin, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Palembang). Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 133-143.

Fakhrurrozi, H. (2018). Standar Penilaian Aspek Psikomotorik Pendidikan Agama Islam. Jurnal Paedagogia Vol, 7(1).

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181.

https://adabiyah.umsida.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/1649/1919

Ismanto, I. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2).

Khasan, “Metode Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah (MA) Ar-Ridlo Pekuncen Tahun Pelajaran 2014/2015” (Skripsi—IAIN Purwokerto, 2016), 3.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2016), 1.

Saputra, A. (2022). Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada SMP. Jurnal Genta Mulia, 13(2).

Shobiroh, K. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Sugiyono, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2015), 224

Yusuf, Erick dan Sofyan Sauri. (2022). Strategi Evaluasi dan Pengembangan Pendidikan Nilai pada PAI (Pendidikan Agama Islam). Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, Vol 22 No 1 (2023)

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

yanto, S Nugraha, M., & Tarsono. (2023). PAI Learning Design Use of Checklist Media for Efficient Assessment of Ablution Practices and Care of Corpses. Zona Education Indonesia, 1(4), 227–232. Retrieved from https://ejournal.zona-edu.org/index.php/ZEI/article/view/48